Selamat datang di blog Djarum Black Lampung Community : blog ini di tujukan khusus untuk para pecinta Black Community, Pecandu Automotif, Sport, Seni, atau yang sekedar hobi dengan Kemajuan Teknologi. lewat blog ini anda dapat berbagi cerita atau memposting artikel tentang Teknologi, Sport, Art, Automotive, jika anda berminat anda dapat bergabung dengan komunitas ini.
Tentang Djarum Black : Yang Saya ketahui, Djarum Black adalah salah satu Produsen Rokok Terkenal Yang ada di Indonesia , Yang membuat Djarum Black Berbeda dengan Produsen Rokok lainnya adalah, Djarum Black Sering sekali Mengadakan Event, yang bukan saja menjadi hiburan semata,tetapi event Yang Mampu Mengasah dan Menguji Kreateatifitas Masyarakat, Salah satunya adalah dalam bidang Automotive, yang saat ini dikota saya (Bandar lampung) banyak sekali anak-anak muda yang mengasah Kreativitasnya di ajang Modivikasi Mobile yang bertemakan Auto Black . Untuk Bidang Inovasi Teknologi saya juga pernah melihat tayangan di televisi tentang Perlombaan yang ditujukan untuk masayarakat yang bertujuan menciptakan masyarakat agar mampu menciptakan dan berinovasi dari suatu produk. Di ajang "Black BLok Competition" ini, Motivasi saya mengikuti Kompetisi ini adalah : Saya ingin Mempersembahkan Yang terbaik Untuk Djarum Black dan yang paling penting ikut perpartisipasi dalam memeriahkan event ini, semoga dengan adanya event ini, masyarakat akan termotivasi dengan budaya Bloging, dan salah satu penggeraknya adalah Djarum Black yang bertemakan Black Blog Competition, semoga untuk kedepannya Djarum Black dapat lebih Meningkatkan Kreatifitas Masyarakat. pesan saya buat teman-teman bloger, mari kita jadikan acara ini tidak saja hanya sebatas ajang kompetisi, tetapi mari kita jadikan juga ajang silaturahmi dan perkenalan antar sesama bloger, Menang Kalah dalam suat kompetisi itu hal yang Wajar.. yang paling terpenting adalah. mari kita jadikan acara ini sebagai " Blog Campaign" dengan tujuan melestarikan budaya blog kepada seluruh masyarakat. pesan saya yang terakhir : "Selamat Berkompetisi" & Peace"


Cari Artikel :


Minggu, 29 Maret 2009

Mari Sukseskan Wadah Alumni

Kekuatan alumni saat ini memang sangat dibutuhkan dalam perkembangan pendidikan di kampus dan juga dalam dunia kerja khususnya. Karena bagaimana pun alumni adalah bagian dari kampus yang tidak akan pernah bisa dihapus. Selain itu para alumni yang telah sukses biasanya juga memiliki keinginan untuk bertemu dengan teman seperjuangan di kampus, sehingga sangat memungkinkan untuk memanfaatkan potensi besar ini untuk menghimpun para alumni dalam sebuah wadah. Sejatinya memang yang menginisiasi ini bukanlah para mahasiswa, akan tetapi justru harus dibangun dari kesadaran para alumni yang ada. Akan tetapi mahasiswa disini punya peran untuk mempertemukan dan menginisiasi para alumni ini dalam mewujudkan adanya Ikatan Alumni. Manfaat besar yang akan dirasakan adalah hubungan yang harmonis dan saling menunjang. Bisa dikatakan kekuatan dukungan alumni yang diberikan kepada mahasiswa yang masih dalam taraf perkuliahan akan memberikan banyak sekali kemajuan untuk perkembangan pola pikir dan wawasan bagi para mahasiswa.

Ada Beberapa Langkah yang dapat dilakukan guna membangun jaringan alumni ini yakni ;


1. Membuat database alumni
Membuat database alumni dengan baik. Terdiri dari nama, jurusan, angkatan, alamat, nomor telepon, email dan pekerjaan serta jabatannya saat ini. Database ini sebisa mungkin dimutakhirkan setiap tahunnya agar informasi semakin lengkap .Jika ternyata kesulitan untuk mencari data alumni kampus Bisa memulainya dengan mencari tahu dari alumni yang paling tua yang kita kenal. Pencarian database alumni ini memang butuh kerja keras dan ketekunan, karena pencarian ini ibarat pencarian seseorang. Akan tetapi jika database alumni bisa rampung dan terdata dengan baik maka pemanfaatannya akan sangat banyak.

2. Silahturahim alumni
Setelah database alumni disusun dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi alumni yang ada di dalam data. Tujuan kunjungan adalah untuk membangun kembali tentang sejarah kampusnya dan membuat para alumni merasa diperhatikan oleh adik-adik mahasiswa. Ini merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri untuk mereka karena ini memberikan kesempatan untuk para alumni agar mengenang masa perjuangan di kampus. Untuk alumni yang sudah jauh dari kota tempat kampus Anda berada, silahturahim melalui pesan singkat atau surat dapat menjadi solusi.


3. Ada PJ per angkatan atau per generasi
Selanjutnya adalah mencari penanggung jawab alumni per angkatan atau per generasi .. Tujuan adanya penanggung jawab ini adalah untuk memudahkan komunikasi dan agar mereka bisa membantu untuk mencari alumni lain yang mungkin belum masuk di dalam database.

4. Membuat sebuah wadah bertemu di dunia maya
( mailing list, forum online, website ) Membuat media bersama seperti mailing list yang memberikan kesempatan bagi para alumni untuk berdiskusi dan bernostalgia. Sesekali kita bisa menyampaikan pesan dari kampus kepada alumni seperti pengumuman acara di kampus atau tawaran untuk donasi dan sebagainya. Harapannya dengan ada media bersama ini alumni dapat mulai merasakan kebutuhan untuk mendirikan wadah alumni sesegera mungkin.

5. Mengadakan sarasehan atau temu alumni sederhana
Pertemuan di dunia maya tentu tidak cukup, maka perlu ada pertemuan tatap muka atau kopi darat para alumni yang biasa bertemu di dunia maya. Sarasehan ini diadakan dengan sederhana dengan tujuan utama mengumpulkan para alumni dalam satu waktu dan satu tempat. Manfaatkan momen yang penting, halal bi halal, buka puasa bareng dan sebagainya.

6. mengadakan kerjasama kepada alumni secara personal
Setelah kehadiran di sarasehan ini, barulah kita mulai mengetahui mana alumni yang cukup concern terhadap kemajuan wadah alumni. mulailah kita mengadakan kerjasama dengan alumni, apakah kerjasa sponsorship dengan perusahaannya, meminta mereka menjadi pemateri di acara kita, atau meminta bantuan materil kepada mereka agar merasa terlibat dan telah memberikan kontribusi kepada kampus. Hubungan kerjasama ini bersifat personal saja, dan sebisa mungkin meminta ke beberapa alumni , jangan hanya ke satu-dua orang saja.

7. Inisiasi ikatan alumni kampus
Membangun ikatan alumni secara lembaga merupakan langkah penting, dan hal ini hanya bisa dilakukan oleh para alumni langsung. Urusan kita sebagai mahasiswa berhenti disini. Harapannya memang para penanggung jawab angkatan serta alumni yang datang ke sarasehan dapat menginisiasi hal ini. Membangun wadah alumni memang butuh energy lebih, karena perlu ada sebuah kongres khusus, pengesahan AD/ART dan pemilihan ketua ikatan alumni untuk memudahkan koordinasi. Untuk ketua alumni sebisa mungkin pilih dari generasi tua, agar bisa mewadahi pula generasi alumni muda.

8. Adanya program dan alokasi dana dari ikatan alumni untuk kemajuan kampus
Wadah alumni sudah terbentuk, tinggal bagaimana mahasiswa mengusulkan kepada para alumni untuk mengadakan program untuk mahasiswa seperti pengembangan diri, informasi beasiswa, career sharing dan sebagainya.

Delapan langkah ini memang tidak terpaku waktu, bisa memakan waktu lama dan bisa memakan waktu singkat. Semua tergantung ketekunan kita sebagai kader dan respon dari alumni itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar